-->
Tips

Boyolali - Tips Cara - Panduan Cara Pemasaran Ikan Lele Hasil Panen Untuk Pemula

Dalam pertemuan ini saya akan menunjukkan klarifikasi untuk Anda yang sebelumnya belum mengerti seluk beluk ihwal cara penjualan hasil panen budidaya ikan lele, Sebenarnya hal ini sangat mudah dan sangat menyenangkan tentunya, alasannya ialah kita sanggup uang. Baiklah disini saya akan mengulas ihwal Panduan Cara Pemasaran Ikan Lele Hasil Panen Untuk Pemula.  Hal ini tentunya menjadi tahap final sebuah perjalanan untuk seorang pembudidaya ikan lele, tahap ini dimana ialah tahap yang akan menunjukkan presentase laba ataupun kerugian.
Pemasaran Ikan Lele Hasil Panen

Untuk dilema ini Anda sebagai seorang pembudidaya ikan lele tidak perlu hawatir alasannya ialah ikan tak bersisik dan berkumis ini sangat diminati para konsumen, dan untuk penjualannyapun sangat mudah, bahkan banyak yang sangat menyukai ikan lele untuk dikonsumsi. Ikan lele sangat umum dikonsumsi dimanapun kita berada, dan ini tersedia diwarung sepanjang jalanan kota, banyak menyebutnya dengan warung lesehan, tentunya warung ini niscaya menyajikan sajian ikan lele baik bakar atau goreng dengan sambal yang lezat tentunya.

Dalam permasalahan ini yang akan menjadi materi pertanyaan seperti, “Jangan-jangan sulit untuk menjual hasil panen ikan lele kita?”, “Jangan-jangan tidak laris untuk dijual”, dan pertanyaan yang cenderung menciptakan hati kita tidak yakin lainnya. Dengan ketidak yakinan inilah yang menciptakan para mereka yang ingin memulai bisnis budidaya ikan lele menjadi pudar dan karenanya tidak jadi membudidayakan ikan berkumis ini. Didalam dunia bisnis, pemasaran ialah dilema yang sangat penting dan sebuah fakta yang akan memilih pendapatan laba bisnis itu sendiri. Makara hal ini tentunya harus dikerjakan dengan maksimal dan penuh strategi, untuk dilema cara pemasaran ikan lele, juga menyerupai itu, kita harus memasarkan hasil panen ikan lele kita dengan strategi. Makara apakah Anda siap untuk memulai bisnis sampingan yang menjanjikan ini? Apkah Anda akan mengalah sebelum perang dinumai? Jiwa bisnis Andalah yang bisa menjawab pertanyaan tersebut!!

Cara Pemasaran Ikan Lele sangat mudah, dan data ini terlihat mulai menanjaknya usul konsumen terhadap ikan lele telah ada semenjak tahun 2001, dan hingga kini konsumsi ikan lele ditingkat masyarakat semakin meningkat. Seiring dengan berkembangnya waktu, bila dahulu kala  ikan berkumis tak bersisik ini dianggap sebagai ikan yang menjijikkan alasannya ialah licin, amis, bentuknya bikin geli, dan lain-lain, pada periode kini malah menjadi  salahsatu ikan air tawar yang sangat digemari oleh masyarakat. Dan bila Anda mengetahuin ini apakah Anda masih galau bagaimana cara pemasaran ikan lele?

Pertanyaan untuk hati Anda ialah “Apakah cara pemasarkan ikan lele sudah kita lakukan dengan maksimal ? ”. Saat masih duduk dibangku sekolah, guru kewirausahaan saya selalu berkata “pemasaran itu penting, dan ini sangat mensugesti sebuah bisnis akan bisa berkembang atau tidak” kata-kata dari Bapak guru saya ini sudah masuk didalam hati dan hingga dikala ini saya masih mengingatnya. Maka dari itu bila Anda ialah seorang peternak ikan lele, maka bila sebelum melaksanakan itu harus melihat peluang pasar dan menciptakan taktik pemasaran. Peluang yang akan kita jadikan sasaran dalam pemasaran ikan lele ini sangat mudah dan sangat banyak , mulai dari warung pecel lele, warung tegal, rumah-rumah makan, resto-resto, dan lain sebagainya dan semua itu niscaya sudah menyajikan sajian ikan lele konsumsi dengan bumbu dan resep andalan mereka sendiri.

Selain itu banyaknya penemuan terhadap daging ikan lele ini menjadi salah satu ikan yang dagingnya diolah menjadi beberapa masakan tertentu, menyerupai bakso, presto, kripik  dan lain sebagainya. Setelah saya jelaskan beberapa tempat atau peluang untuk memasarkan ikan lele tersebut, tentunya dari Anda ada yang mewaspadai tempat-tempat ini, padahal tempat tersebut niscaya membutuhkan stok ikan lele yang sangat banyak. Dengan minimnya penyetok ikan lele, kadang pemilik warung pecel lele melaksanakan budidaya pembesaran ikan lele sendiri, semoga tidak kesusahan untuk mendapatkan ikan lele yang siap konsumsi. Hal ini eksklusif saya temui dikala saya sedang makan diwarung lesehan di sebuah jalan bibis-kasihan-bantul-yogyakarta. Bu Paini yang merupakan penjual pecel lele lesahan itu memberitahukan pada saya bahwa ikan lele yang saya makan ialah ternaknya sendiri yang dijamin kebersihannya, mungkin dia sedang promosi  .. hehe . Baiklah bila Anda sudah mengerti hal tersebut apakah masih galau dengan cara pemasaran ikan lele?

Sederhana saja, kita akan menciptakan perhitungan kepada tempat yang membutuhkan stok ikan lele. Yaitu warung pecel lele, warung pecel lele dikala ini telah menyebar disepanjang jalan disemu jalanan kota atau bahkan diperdesaan. Keberadaan warung pecel  bisa kita dapatkan dengan hanya radius 100 meter diperkotaan, dan ini tentunya sudah saya ambil radius paling jauh diperkotaan. Sedangkan diperdesaan bisa kita dapatkan antara 1km, tentunya juga sudah saya ambil asumsi paling jauh. Untuk dilema cara pemasaran ikan lele, jangan menganggap sepele sebuah warung pecel lele, ini tentunya bila Anda pebisnis yang hebat bisa melihat peluang tersebut. Pada hari biasa warung pecel lele bisa menghabiskan 2 hingga 3 kilo ikan lele siap konsumsi, tentunya hal yang luar biasa untuk hanya ukuran warung kecil yang sanggup mengkonsumsi ikan berkumis ini. Sedangkan pada hari libur/ramai mereka bisa menghabiskan 5-6 kilo ikan lele segar yang siap dikonsumsi.
Pemasaran Ikan Lele Hasil Panen

Jika demikian tentunya kita sanggup menghitung berapa banyak setiap harinya untuk memenuhi kebutuhan para penual warung pecel lele ini. Jika kita anggap saja ada 50 warung pecel lele yang tidak jauh dari lokasi kita ternak ikan lele, maka ini ialah peluang yang sangat besar. Apabila kita menghitung kebutuhan para pengelola warung pecel lele akan lele yang siap konsumsi dengan nilai terendah yaitu 2 kg/hari x 50 warung pecel lele, berarti warung pecel lele disekitar rumah kita membutuhkan sekitar 100 kg/hari, samadengan 3 ton/bulan.  Segera cari channel untuk mengenal para pengelola warung pecel lele, dekati mereka dan tanyakan mau mendapatkan ikan lele yang telah Anda budidaya atau tidak!! Praktis kan? Ini gres ihwal warung pecel lele saja, dan tentunya masih banyak lagi rumah makan atau resto lainnya yang membutuhkan pemasok ikan lele.

Jika pola diatas sudah terang dan akan sadar peluang di tempat-tempat sekitar kita maka tunggu apalagi, selagi masih mempunyal skill dan kemampuan segera budidaya ikan berkumis ini. Jika Anda masih galau dengan cara pemasaran ikan lele, itu sangat disayangkan. Anda tidak mau melihat peluang pasar disekitar Anda, jangan hawatir berlebihan ihwal pemasaran ikan lele ini, sekali lagi tempat-tempat disekitar tempat tinggal Anda banyak membutuhkan ikan yang memiliki rasa gurih ini. Baiklah bila sudah mengetauhi tempat-tempat yang siap menampung ikan lele hasil dari panen, mari kita berhitung dengan sederhana tentunya untuk para pengusaha ikan lele pemula.

Penebaran 1000 benih yang akan kita budaya/pembesaran untuk sebuah koma 10x10 meter bisa mencapai 1 kuintal bahkan lebih ikan lele yang siap konsumsi. Untuk mencapai hasil panen dibutuhkan waktu 60 hari atau sekitar 2 bulan, panen paling jelek ialah dengan jangka waktu diatas 3 bulan. Nah untuk mencapai hasil panen yang  sesuai target, dibutuhkan ketelitian dan keuletan, ihwal hukum cara budidaya, perawatan, dan cara memberi makan yang baik dan benar, menyerupai pada artikel ini Jenis Pakan Ikan Lele dan Cara Pemberian Yang Benar Untuk Meningkatkan Hasil Panen. Jika kita berusaha untuk mencukupi kebutuhan 50 warung pecel lele yang ada disekitar rumah kita, setiap bulannya yang memerlukan kurang lebih 5 ton, maka dibutuhkan energi extra untuk menghasilan ikan lele konsumsi untuk memenuhi para pengelola warung pecel lele. Yang paling kita garis bawahi bahwa, dinegara kita cara pemasaran ikan lele sangat mudah, alasannya ialah banyak peminatnya.

Langkah lain dalam cara pemasaran ikan lele ialah dengan menjualnya ke pengepul, cara ini sanggup kita lakukan bila ingin menembalikan modal secara cepat, alasannya ialah pastinya pengepul akan memborong ikan lele hasil panen kita. Tetapi dalam cara ini memang ada kelemahan yaitu ihwal harga, pastinya hasil yang kita dapatkan lebih sedikit dibanding dengan menjualnya ke para pengelola warung pecel lele. Namun cara ini memiliki kelebihan yaitu praktis, dan tidak repot alasannya ialah mereka akan memborong ikan hasil panen Anda. Untuk menemukan para pengepul ikan lele bisa kita tanyakan ke teman,kerabat,penjual ikan dipasar-pasar , atau di internet, dan lain sebagainya. Percayalah didaerah manapun niscaya ada pengepul ikan lele ini, dan ini tergantung kelincahan Anda untuk melobi mereka.

Yang jadi pertanyaan untuk Anda “apakah mungkin orang yang tidak memliki produk bisa memasarkan prosuk tersebut?”. Untuk itu semua coretan diatas ialah solusi untuk menjawab keraguan kita yang selalu bertanya-tanya ihwal cara pemasaran ikan lele hasil panen untuk pemula. Dengan cara yang mudah dan mudah bila kita mau berguru dan terus mencobanya, selai dalam hal positif. Cara diatas ialah solusi untuk para pemula yang ingin memulai budidaya/pembesaran ikan lele, yang hanya melihat peluang tempat-tempat terdekat yang memerlukan pemasok ikan lele. Dan bagi Anda yang sudah berpengalaman dalam pemasaran ikan lele hasil panen tentunya merupakan nilai plus. Cara melihat peluang lokasi terdekat ialah cara yang paling manis untuk para pemula, selain sangat terjangkau dan juga tidak akan memerlukan biaya perhiasan untuk transportasi pengiriman atau lain sebagainya.

Saya rasa untuk tips Panduan Cara Pemasaran Ikan Lele Hasil Panen Untuk Pemula yang saya berikan sudah cukup dan bisa memotivasi Anda semoga tetap berkarya. Dalam berternak ikan lele yang paling penting ialah adanya pengalaman, dan dari mana pengalaman itu bisa kita dapatkan? Tentunya dengan mencoba bukan!! Untuk itu jangan pernah berputus asa, masih banyak cara untuk menambah pundi-pundi rupiah, termasuk dengan budidaya ikan lele ini. Semoga sukses para kawan budiaya!!


Demikian tips yang saya bagikan ihwal Panduan CaraPemasaran Ikan Lele Hasil Panen Untuk Pemula, semoga bermanfaat, baca juga ulasan menarik lainnya pada Peluang Beternak Ikan Lele Dengan Kolam Terpal Untuk Pemula.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel