-->
Tips

Boyolali - Tips Cara - Kambing Etawa Dengan Panduan Lengkap Cara Sukses Beternak

Kambing Etawa

Sukses untuk berternak Kambing Etawa memang sangatlah mudah, hanya dengan persiapan dan penanganan secara sempurna Kambing Etawa akan semakin meningkat hasil produksinya, baik untuk di gunakan dagingnya, susunya, dan bahkan bisa di gunakan untuk mengikuti kontes. Kambing Etawa ialah salah satu kambing yang ramai di budidayakan populasinya di Indonesia, Kambing ini berasal dari Negara India, disana di kenal sebagai kambing Jamnapari. Saat ini membudidayakan Kambing Etawa merupakan peluang perjuangan yang sangat bagus, peluang pasar yang besar dan hasil produksi yang tinggi.
Kambing Etawa Jantan Siap Kawin
Kambing Etawa bisa berkembangbiak 3 kali dalam 2 tahun, hal ini tentunya sangat menguntungkan alasannya ialah sangat cepat untuk menciptakan keturunan, Kambing ini bisa melahirkan 1 hingga 4 ekor anak dalam masa 1 kandungan. Sedangkan undangan daging dan susu kambing di pasar sangatlah tinggi, bahkan pemerintah di Negara Kita belum bisa menutup itu semua dan masih mengambil langkah untuk melaksanakan impor daging. Kambing Etawa sangat banyak di kembangkan di tempat Jawa Tengah dan juga Jawa Timur, peternak di tempat tersebut mulai beralih untuk menggeluti perjuangan ternak Kambing Etawa alasannya ialah peluang perjuangan yang sangat menjanjikan.
Melihat itu semua tentunya Saya pribadi dan para pembaca tidak ingin tinggal membisu dan ingin memulai untuk bergelut di bidang perjuangan ternak Kambing Etawa.

Usaha menyerupai ini sangat cocok untuk siapa saja, karyawan, pegawai, pedagang, dan profesi lainnya alasannya ialah sanggup di jadikan sebagai perjuangan sampingan. Tetapi sebelum melangkah kedalam bisnis ini harus di pelajari terlebih dahulu hal-hal yang perlu di siapkan dan cara penanganan yang benar, hal tersebut bisa kita berguru dari para peternak Kambing Etawa senior, namun kali ini saya akan menjelaskan bagaimana cara ternak Kambing Etawa yang benar biar sukses dalam berternak!! Dibawah ini ialah poin-poin penting sebelum memulai ternak Kambing Etawa.

·    Mengingat Kambing Etawa ialah sanggup di ambil multi produksinya maka langkah pertama ialah tetapkan tujuan ternak kambing etawa, apakah akn di ambil dagingnya, susunya, atau dijadikan kambing kontes.
·    Cari gosip sebanyak-banyaknya perihal ternak Kambing Etawa, gosip bisa Anda dapatkan di rekan, saudara, dan para peternak yang sudah berpengalaman dalam persoalan ini.
·    Untuk memulainya pembelian bibit Kambing Etawa secukupnya, jangan terlalu banyak alasannya ialah masih sedikit demi sedikit dan kelamaan perjuangan kita akan mapan alasannya ialah sudah berpengalaman. Kemudian catat biaya yang telah di keluarkan untuk pembelian bibit.
·    Teknik peletakan sangkar yang baik (mengenai suhu & hama), gosip ini sanggup di cari dari para peternak Kambing Etawa senior langsung.
·    Penyediaan obat-obatan untuk ternak kambing, akan lebih baik jikalau berkonsultasi dengan Dokter Hewan terdekat atau ke Dinas Peternakan.
·    Sering ikut serta dalam seminar perihal ternak di kota Anda sangat manis untuk menambah ilmu.
·    Berusaha dengan maksimal dan juga jangan lupa berdoa!!

Beberapa poin diatas apabila sudah bisa kita mengerti maka tahap selanjutnya ialah dengan tindakan, tindakan untuk memulai bisnis ternak Kambing Etawa. Kelebihan ternak kambing ini sangat banyak, mulai dari hasil produksi yang ganda juga umur Kambing Etawa yang panjang, selain untuk keuntungan, perjuangan ternak Kambing Etawa juga salah satu cara untuk membuka lapangan kerja yang gres di tempat Anda tinggal.

Untuk cara ternak Kambing Etawa memang tidak sesulit menangani binatang ternak lainnya, hanya dengan persiapan bibit, proteksi pakan, dan penanganan. Untuk sukses bergelut di perjuangan ternak ini maka ketiga hal tersebut tidak sanggup di tinggalkan, alasannya ialah ketiganya sangat penting dan selalu berhubungan.Jika terjadi sesuatu yang menghambat perjuangan ternak ini maka kita di haruskan bisa menanganinya dengan benar mulai dari penyakit dan lain sebagainya. Jika semuanya sanggup Anda lakukan dengan baik dan benar maka hasil panen yang memuaskanlah yang Akan di dapatkan dalam perjuangan ternak Kambing Etawa ini.

Persiapan Bibit Ternak Kambing Etawa

Untuk persiapan bibit ini dilarang asal dalam memilihnya, bibit yang unggul akan menunjang tingkat hasil produksinya. Untuk itu pada poin ini sebaiknya bibit di haruskan bibit unggul, hibrida sanggup kita peroleh dari para peternak kambing etawa langsung, dengan catatan peternak yang sudah mempunyai nama dan track record-nya. Hal ini tentunya mempunyai kelemahan pada biaya yang kita keluarkan untuk memboyongnya ke sangkar kita. Solusi lain ialah dengan membelinya di pasar binatang namun bibit sebaiknya mempunyai ciri-ciri sebagai berikut :
Kandang Ternak Kambing Etawa
  1. Untuk pejantan paling manis di usia yang sudah menginjak 1,5 tahun, tulang punggungnya lurus tidak bengkok, tubuhnya besar namun tidak terlalu gemuk, kakinya kokoh, tidak cacat dan nafsu kawin yang tinggi.
  2. Untuk Betina sebaiknya mempunyai abjad yang jinak, bentuk kakinya lurus dan kokoh, mempunyai berputing susun berjumlah dua buah, tidak gemuk (obesitas ) proporsional, tulang punggung simetris lurus, tumitnya berbentuk cenderung tinggi serta kambing sehat dan tidak ada cacat.

Pemberian Pakan ternak Kambing Etawa Yang Benar

Dalam hal memberi pakan Kambing Etawa tidaklah asal-asalan, harus di sesuaikan dengan porsi jumlah usianya alasannya ialah tidak semua Kambing Etawa membutuhkan kandungan gizi yang sama dalam tubuhnya. Pakan harus sebisa mungkin biar mengandung protein, vitamin, karbohidrat. Pakan juga harus sebisa mungkin bisa di dapatkan dengan harga yang murah biar tidak membebani biaya pakan setiap harinya. Pakan juga harus berupa materi yang sanggup di cerna secara gampang oleh Kambing Etawa, di pedesaan para petani yang menjalankan ternak Kambing Etawa dominan besar memberi pakan dengan rumput hijau hasil ngarit. Untuk memberi asupan vitamin dan mineral mereka biasanya menyelinginya dengan menawarkan kacang-kacangan dan sayur-sayuran.

Hal itu berdasarkan saya kurang maksimal akan pertumbuhan dan pembentukan Kambing Etawa, kini sudah jamannya pakan buatan yang terbukti lebih efektif untuk pakan ternak Kambing Etawa atau jenis Kambing lainnya. Cara pembuatan pakan hasil fermentasi bahan-bahan organik sanggup Anda pelajari pada artikel berjudul “Pakan Ternak Kambing Fermentasi Jerami Efektif Dan Murah Tanpa Ngarit”.

Dalam pembuatan pakan buatan untuk ternak Kambing Etawa tidaklah ada rumus tertentu, tetapi yang saya ketahui dari para peternak Kambing Etawa senior ialah dengan perbandingan antara bekatul dan konsentrat dengan dosis perbandingan 3:1. Selain materi tersebut, bisa juga dengan cara lainnya gabungan antara bekatul, bungkil kelapa, bungkil kacang tanah dan kapur dengan dosis perbandingan 50% (bekatul) : 25% (bungkil kepala) : 25% (campuran bungkil kacang tanah dan kapur). Kambing Etawa sudah sanggup bertumbuh dan berkembang untuk membentuk daging jikalau kita menawarkan pakan menyerupai Saya sebutkan diatas, namun proteksi pakan dari rumput hijau juga perlu untuk selingan biar Kambing Etawa tidak bosan.

Dalam menawarkan rumput hijau sebagai selingan tersebut juga ada dosis tersendiri, dilarang asal alasannya ialah sanggup mengakibatkan obesitas, ingat pakan buatan gabungan materi diatas sangat efektif untuk menggemukkan. Pemberian pakan rumput hijau sebagai selingan ialah dengan 15% berat rumput dari berat tubuh Kambing Etawa setiap harinya. Jika persoalan pakan sudah terpenuhi, untuk mempercepat pertumbuhan dan menjaga nafsu makan sanggup kita berikan vitamin dan premix. Pemberian sebaiknya sebanyak 2 kali dalam satu hari antara pagi dan sore, dengan itu semua masih kurang untuk mendapat hasil yang maksimal. Kita juga perlu menawarkan air higienis untuk minuman Kambing Etawa, Kambing Etawa membutuhkan 2 liter air higienis setiap harinya, sangat manis jikalau air sudah di campur dengan garam beryodium.

Penanganan dan Cara Memulai Ternak Kambing Etawa
Kambing Etawa Beranak
·      Pembuatan kandang, sangkar di buat dan di dirikan di lokasi yang dilarang asal, sangkar harus mendapat sinar matahari yang cukup biar kambing tetap sehat. Selain hal tersebut fungsi sinar matahari juga mempercepat pengeringan kotoran pada sangkar sehingga akan mencegah terjadinya basil jahat yang berujung menjadi penyakit Kambing Etawa.
·      Memaksimalkan perkembangbiakan Kambing Etawa, Kambing jenis ini pada umumnya sanggup beranak sebanyak 3 kali dalam 2 tahun, dan kiprah kita ialah berusaha untuk memperbanyak perkembangbiakan dengan menghemat waktu. Hal ini sanggup di lakukan dengan cara mengawinkan eksklusif para Kambing betina yang telah mengalami masa birahi. Kambing Etawa ini sudah mencapai kematangan organ (dewasa) sesudah 12 bulan, dan sangat manis jikalau di kawinkan sesudah Kambing matang. Ada juga yang sudah memasuki waktu matang sesudah berumur 10 bulan, dan kambing yang akan di kawinkan seharusnya sudah mencapai bobot 50kg. Kambing betina mengalami birahi yaitu sekitar 1-2 hari saja,  dan siklus tersebut hanya akan bertahan dalam 2 atau 3 minggu. Tanda birahi pada Kambing Etawa sangatlah mudah, kambing akan terlihat gelisah, mondar mandir dan selalu bersuara (embek-embek), alat vitalnya yang membengkak dan mengeluarkan cairan bening, ekor yang sering di kibaskan, kencing akan lebih sering, dan kambing akan membisu bila di naiki sang penjantan.
·      Menjaga contoh makan, kambing akan mengandung selama sekitar 5 bulan, sesudah melahirkan kemudian menyusui sekitar 2 -3 bulan, di ketika proses tersebut kita harus menjaga contoh makan, proteksi vitamin, mengontrol gizi yang seimbang serta menjaga kebersihan sangkar kambing biar terhindar dari penyakit.
·      Terus meningkatkan hasil produksi (hasil panen), sesudah kambing memasuki waktu panen maka tahap selanjutnya ialah meningkatkan hasil produksi dengan cara penanganan ternak kedepannya dengan lebih baik lagi. Hal ini sudah tidak sesulit ternak Kambing Etawa pada ketika permulaan alasannya ialah banyaknya pengalaman yang sudah di dapatkan. Hasil produksi kambing etawa tidak hanya daging saja namun susu, kulit, dan bahkan kotorannya juga laris di jual. Untuk itu kita berusaha biar hasil produksi semakin meningkat di setiap panennya.

Ketiga poin penting yang harus kita lakukan jikalau ingin bergelut di dunia ternak Kambing Etawa sangatlah mudah, jika  semuanya di lakukan dengan secara baik dan benar maka tentunya hasil panen yang akan di dapatkan akan lebih maksimal. Di perlukan ketekunan dan kesabaran dalam perjuangan ternak Kambing Etawa ini, namun jangan lupa untuk berdoa biar hasil menjadi semakin maksimal. Salam Sukses Mitra Budidaya!!

Artikel Terkait Tentang Budidaya Kambing



Demikian tips yang saya bagikan tentang Kambing Etawa Dengan Panduan Lengkap Cara Sukses Beternak, semoga bermanfaat, baca juga ulasan menarik lainnya pada Ternak Kambing Gibas Sangat Efektif TanpaNgarit.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel