-->
Tips

Boyolali - Tips Cara - Belut Air Higienis Dan Cara Sukses Budidaya Pembesarannya

Belut Air Bersih

Belut Air Bersih Dan Cara Budidaya Pembesarannya - Belut (Monopterus albus) merupakan salah satu jenis ikan yang menyukai untuk berkelangsungan hidup pada air yang berlumpur, ikan jenis ini kaya akan kandungan gizi bila dikonsumsi. Belut ketika ini mengalami kenaikan ajakan pasar, dan untuk memenuhinya sering kali tidak mencukupi alasannya yaitu minimnya jumlah para pembudidaya belut ketika ini. Banyak yang telah melaksanakan pembudidayaan belut mulai dari pembibitan hingga dengan budidaya pembesaran dengan memakai media berlumpur alasannya yaitu cara ini dianggap sebagai cara yang sempurna untuk budidaya belut.
Belut Air Bersih Dan Cara Sukses Budidaya Pembesarannya
Dipertemuan sebelumhya saya sudah menjelaskan perihal solusi pembudidayaan belut dengan judul “Cara Budidaya Belut DenganKolam Drum Bekas” dan cara itu juga merupakan cara mudah untuk budidaya belut. Untuk ketika ini saya akan memperlihatkan solusi lainnya dengan pembudidayaan belut dikolam air higienis dan tanpa lumpur. Dengan adanya penelitian perihal budidaya belut air bersih ini tentunya pemeliharaan pembesaran belut lebih mudah dan gampang dilakukan, cara ini merupakan inovasi yang dilakukan oleh penelitian para mahir perikanan dijepang. Dinegara kita inovasi ini merupakan inovasi besar, alasannya yaitu sangat bermanfaat untuk kita semua yang ingin membudidayakan belut air bersih.

Teknik budidaya belut diair higienis tentunya akan mengalahkan teknik budidaya sebelumnya, yang dengan menyebarkan media hidup ibarat jerami, pelepah pisang, pupuk kandang/kompos, dengan sistem fermestasi terlebih dahulu. Karena dianggap sebagai solusi gampang pembudidayaan belut cara ini kini menjadi animo dijepang, kita tahu bahwa masyarakat jepang sangat menyukai kuliner belut, baik dikonsumsi eksklusif maupun sudah menjadi beberapa kuliner olahan. Namun dengan catatan yang telah saya ambil dari inovasi terbaru para mahir perikanan dijepang bahwa : Belut sanggup dibudidayakan/hidup didalam air bersih, namun untuk menjaga reproduksi alami harus diberikan lumpur.

Dengan teknik pembudidayaan belut pada kolam air higienis memang harus dengan ketelitian yang lebih daripada pembudidayaan belut pada kolam bermedia tumbuh. Belut air bersih harus diperhatian perihal santunan kuliner dan juga beberapa antisipasi penyakit yang menyerang. Pengaturan air juga sangat penting untuk budidaya belut pada air bersih, alasannya yaitu sering kali air akan terkontaminasi jikalau tidak kita perhatikan, baik dari kotoran belut yang banyak atau sampah yang ada didalam kolam.

Kentungan dari sistem budiaya belut air higienis adalah mudahnya untuk pengontrolan pada bibit belut yang akan kita besarkan, alasannya yaitu intinya belut akan terlihat dengan kasat mata, tentunya hal ini akan memudahkan kita untuk selalu mengkontrol baik jumlah ataupun perkembangan pertumbuhan belut itu sendiri. Sangat berbeda dengan kolam belut yang memakai media hidup (fermentasi) yang jumlah dan perkembangan pembesarannya tidak sanggup dikontrol (belut akan bersembunyi dimedia tumbuh yang telah disediakan).Dan kentungan lainnya yaitu penebaran bibit yang akan dibesarkan sanggup lebih banyak daripada budidaya belut dengan media tumbuh (fermentasi) bahkan sanggup 20 hingga 30 kali lipatnya.

Keunggulan Dan Keuntungan Budidaya Belut Air Bersih

Belut Mudah Dikontrol

Untuk mengontrol belut yang akan kita besarkan sangatlah tidak sulit, alasannya yaitu belut pada air higienis akan terlihat, jikalau belut terjangkit penyakit atau ada abjad lain yang mencurigakan akan gampang dikendalikan.

Penebaran Bibit Yang Lebih Banyak

Jalas, untuk penebaran bibitnya akan sanggup lebih banyak daripada budidaya belut dengan sistem media tumbuh (lumpur), dan jumlah penebarannya sanggup 10 hingga 30 kali lipat daripada budidaya belut dimedia lumpur alasannya yaitu pastinya kolam akan longgar dan sanggup dimanfaatkan untuk penambahan bibit.

Mengurangi Adanya Kanibalisme

Belut merupakan salah satu jenis ikan yang akan memangsa hewan apa saja yang lebih lemah dari dirinya, dan tidak terkecuali jenisnya sendiri. Dan dengan dasarjenis ikan yang memangsa daging beliau tentunya akan memangsa sesama jenisnya, apalagi untuk belut yang sudah berumur 6-8 bulan merupakan belut yang sudah dewasa. Pada umur itu beliau akan mencari tempat untuk sehari-harinya dan menganggap itu yaitu kawasan kekuasaanya, jikalau ada yang mendekat dan beliau terganggu akan terjadi saling serang dan saling memangsa.

Dengan tidak adanya lumpur, maka belut-belut tersebut akan bergerombol dan saling melindungi dirinya sendiri dengan badan belut lainnya, dan kondisi ibarat ini akan terbiasa dari awal penebaran benih, sehinggga insiden kanibalisme akan terkurangi.

Lebih Efissisen Dan Lebih Efektif

Sangat berbeda dengan cara budidaya belut dengan metode media hidup (lumpur fermentasi) dengan belut air bersih, alasannya yaitu akan lebih efissien dan praktis. Dengan belut air higienis kita tidak lagi repot-repot untuk menyiapkan materi media tumbuh (lumpur fermentasi) ibarat : jerami, pelepah/debog pisang, pupuk kandang, pupuk kompos dan lain-lain.

Budiaya belut air higienis juga akan lebih efektif disaat santunan pakan, pakan yang diberikan pada belut akan seluruhnya tergoda habis, alasannya yaitu di air higienis semua pakan akan dapt ditemukan si belut.
Dengan tidak adanya lumpur juga memudahkan kita untuk selalu mengendalikan apabila sesuatu terjadi pada kolam belut air bersih. Kolam yang digunakannya juga lebih efektif, menghemat lahan dan dengan pembuatan yang sangat mudah.

Cara Budidaya Belut Air Bersih

Pada cara budiaya belut air bersih, disini ada beberapa faktor-faktor penting yang harus kita perhatikan biar budiaya belut sempurna mencapai sasaran. Hal ini sangat penting alasannya yaitu salahsatu penyebab berhasil atau tidaknya belut air higienis yang akan kita lakukan. 
Cara Budidaya Belut Air Bersih

Mulai dari persiapan air, pemelihan bibit, dan juga penyediaan pakan yaitu faktor penting untuk menunjang berhasil atau tidaknya budidaya belut air bersih. Dibawah ini yaitu beberapa faktor penting dalam cara budidaya belut air bersih :

  1. Air
Air sangatlah penting untuk kelangsungan semua jenis ikan, dan belut juga demikian walaupun suka dengan lumpur namun beliau juga sangat menyukai air yang cocok untuk kelangsungan hidupnya. Jika kita melihat sebuah lubang belut (disawah/dirawa) dan didalamnya masih ada belutnya, maka pada lubang tersebut akan ada air higienis didalamnya, jadi belut juga menyukai air higienis untuk hidup. Dibawah ini yaitu cara untuk menyediakan air untuk budidaya belut air higienis :
  • Air yang kita gunakan untuk budidaya belut air higienis harus diantara suhu optimal sekitar 25 hingga 28 derajat C.
  • Air jangan hingga mengandung jenis zat kimia apapun.
  • Pada kolam harus diberikan sirkulasi air, walaupun kecil untuk keluar masuk air.
  • Jika pada kolam tidak terdapat sirkulasi keluar masuk air maka kolam akan keruh dan tercemar, hal ini akan menciptakan belut stress dan mati, yang harus kita lakukan yaitu dengan mengganti air kolam selang 2-3 ahad sekali. Untuk hal ini direkomendasikan biar memberri sirkulasi keluar masuknya air pada kolam, meskipun dengan debit yang kecil.
  1. Pakan
Pakan juga merupakan hal penting untuk menunjang proses perkembangan belut, Pemberian pakan yang kurang atau telat akan menciptakan belut menjadi kanibalisme (memangsa sesama jenis) tentunya hal ini sangat merugikan dengan berkurangnya jumlah belut yang kita budidayakan dan juga lamanya proses pembesaran. Untuk itu santunan pakan harus kita perhatikan jangan hingga kurang dan jangan hingga telat.

Belut juga mempunyai rasa bosan jikalau kita berikan pakan yang itu-itu saja, untuk mengatasinya dalah jikalau kita memperlihatkan pakan dan belut masih lahap memakannya, janganlah beralih dengan pakan yang lain. Dan beralihlah kepakan yang lain bila belut terlihat sudah tidak selera dengan pakan tersebut.

Jenis-jenis pakan belut yang cantik ibarat : cacing lumbricus, ikan cere, ikan cithol, ikan guppy, anakan ikan mas, berudu (kecebong), lambung katak, keong mas/sawah, ulat hongkong dan masih banyak yang lainnya.

  1. Pemilihan Bibit Berkualitas
Dalam mebeli bibit belut kita juga dituntut untuk lebih cermat dan teliti, alasannya yaitu bibit yang baik juga akan mempunyai kuantitas yang baik pula, baik dari segi pertumbuhan maupun ketahanan penyakit. Dan untuk mengetahui ciri-ciri bibit belut yang berkualitas yaitu sebagai berikut :
  • Bibit terlihat lincah dan bernafsu (tidak loyo)
  • Bibit harus sehat dan tidak ada luka/cacat pada tubuhnya
  •  Tubunya keras jikalau kita pegang (pertanda belut berpengaruh dan sehat)
  • Ukuran bibit yang sama, paling cantik yaitu ukuran dengan panjang 10-12 cm.
Persiapan Dan Langkah Awal Budidaya Belut Air Bersih

Jika persiapan awal pada budidaya belut dengan media lumpur(fermentasi) yaitu menyiapkan kolam dan menciptakan media hidup (fermentasi), untuk budidaya belut air higienis yaitu tidak!! Pada belut air higienis yang harus kita siapkan dulu yaitu pakan, memang sangat penting untuk budidaya belut yaitu pakan, untuk mengantisipasi terjadinya hambatan pakan, maka kita akan mempersiapkan pakan terlebih dahulu, biar nantinya akan gampang untuk santunan pakan yang baik untuk belut.

Dengan persiapan pemeliharaan pakan, maka akan mengurangi jumlah biaya pengeluaran untuk pembelian pakan belut, dan tentunya akan menunjang pendapatan. Pemeliharaan pakan ini harus dilakukan 3-4 bulan sebelum menebarkan bibit belut pada kolam belut air bersih. Pakan yang bias kita budidayakan yaitu pakan hidup ibarat : keong mas, bekicot, cacing, katak, ikan cere, ikan cithol, ikan guppy, jangkrik, larva ikan, ulat hongkong, dan masih banyak pakan hidup lainnya yang sanggup dibudidayakan.

Selanjutnya yaitu persiapan kolam yang akan dipakai untuk budidaya belut air bersih, kolam sanggup dibentuk dengan kolam semen (permanen) atau dengan kolam terpal (semi permanen), untuk belut air higienis akan lebih menghemat lokasi, jikalau pada kolam belut dengan media lumpur dengan luas 5x5 meter maka untuk ukuran ini sanggup kita gunakan 3 kolam. Dan penebaran bibitnyapun sanggup lebih banyak daripada budidaya belut dengan media lumpur, bahkan sanggup hingga dengan 10-30 kalilipatnya.

Selanjutnya yaitu pembuatan sirkulasi air, pada kolam belut air higienis direkomendasikan dengan memperlihatkan sirkulasi keluar masuknya air, hal ini bertujuan biar air didalam kolam tidak terkontaminasi dan kondisi pH air akan stabil. Mengapa sirkulasi ini sangat penting, alasannya yaitu belut merupakan salah satu ikan yang selalu mengeluarkan lendir, ubtuk melindungi dirinya, dan semakin banyak belut maka akan semakin banyak lendir yang akan dihasilkan, dan tentunya akan menciptakan pH air menjadi jelek dan mendatangkan penyakit.

Selanjutnya juka kolam dan air sudah akibat kita persiapkan, segera tebarkan bibit-bibit belut yang sudah kita beli, tentunya dengan ciri-ciri bibit yang berkualitas ibarat yang saya sebutkan diatas. Penebaran benih paling cantik hendaknya dilakukan pada malam hari, alasannya yaitu dikondisi gelap belut akan beraktifitas.
Pemanenan Belut Air Bersih

Setelah menebarkan bibit yang harus kita lakukan yaitu memperlihatkan kuliner dan juga mangatur suhu air biar tetap seimbang, jangan hingga telat/kurang dalam memperlihatkan pakan , dan jangan hingga pH air menjadi buruk. Hal ini harus kita lakukan secara berkelanjutan hingga belut siap dipanen, dan hal ini harus kita lakukan dengan hingga waktu panen.

Artikel Terkait Tentang Budidaya Kambing
  1. Budidaya Belut Sukses Dengan 6 Langkah Yang Sangat Mudah
  2. Cara Budidaya Belut Dengan Kolam Drum Bekas
  3. Belut Air Bersih Dan Cara Sukses Budidaya Pembesarannya
  4. Cara Beternak Belut Sukses Dengan Mudah Dan Mudah
  5. Ternak Belut Di Tong Dengan Mudah Dan Mudah
  6. Cara Ternak Belut Paling Mudah Dan Efektif
  7. Cara Pemasaran Belut Mudah Dan Menjanjikan
  8. Belut Raksasa Yang Pernah Ada Di Dunia
Sebenarnya tidaklah terlalu susah untuk Belut Air Bersih Dan Cara Sukses Budidaya Pembesarannya, alasannya yaitu disini saya sudah memperlihatkan teknik terbaik untuk sukses berbudidaya belut pada air bersih. Tentunya dengan semangat juang yang tinggi akan membantu Anda sukses untuk berwirausaha dengan budidaya belut air bersih. Salam Sukses Mitra Budidaya!!

Demikian tips yang saya bagikan perihal BelutAir Bersih Dan Cara Sukses Budidaya Pembesarannya, semoga bermanfaat, baca juga ulasan menarik lainnya pada Cara Budidaya Belut Dengan Kolam Drum Bekas.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel