-->
Tips

Boyolali - Tips Cara - Cara Budidaya Belut Dengan Bak Drum Bekas

Budidaya Belut Dengan Kolam Drum

Cara Budidaya Belut Dengan Kolam Drum Bekas - Belut yaitu hewan jenis ikan yang dikenal sebagai ikan yang paling licin dan susah untuk ditangkap, kalau kita pegang belut ini akan selalu sanggup meloloskan diri alasannya tubuhnya yang licin dan bentuknya yang memanjang. Jika dilihat sekilas, belut terlihat menyerupai halnya ular yang berada di air, ikan bentuknya yang sebagian orang dianggap menjijikkan justru yaitu ikan yang mempunyai gizi yang sangat bagus. Belut dikala ini menjadi makanan favorit bagi beberapa orang, dan bahkan belut ini diexport ke luar negeri.

Cara Budidaya Belut Dengan Kolam Drum Bekas
Pada tahun 2015 dikala ini usul belut konsumsi semakin meningkat, padahal kita tahu dinegara kita budidaya pembesaran belut semakin bertambah, namun hal itu tidak bisa untuk menutupi usul pasar yang selalu kehabisan stok. Jika kita sudah melihat peluang tersebut, Anda sebagai seorang wirausahawan apakah akan membisu saja? Tentunya tidak, jadi cobalah untuk memulai budidaya belut untuk pembesaran, alasannya hal ini sangat gampang dan tidak perlu keahlian tertentu.

Ikan belut ini sangat besar lengan berkuasa dan tidak gampang mati, dan belut juga bisa hidup dalam keadaan air berlumpur alasannya belut ini mempunyai 2 sistem pernapasan, jadi Anda tidak perlu kuatir kalau ingin budidaya belut dalam area yang sedikit air. Belut dahulu banyak ditemukan diarea persawahan, namun seiring dengan majunya teknologi aneka macam pupuk/obat-obatan pertanian berbahan kimia yang dipakai untuk mengobati tumbuhan disawah. Hal itu tentunya memicu untuk menciptakan belut tidak sanggup berkembang biak dan akan mati, jadi dikala ini kita sudah susah untuk menemukan belut yang hidup dipersawahan. Selain dipersawahan belut juga ditemukan dirawa-rawa yang banyak lumpurnya, alasannya belut sangat menyukai area yang basah dan juga berlumpur.

Budidaya Belut Dengan Kolam Drum Bekas
Jika pada pertemuan kemaren saya telah membahas perihal “Budidaya Belut Sukses Dengan Langkah Mudah” maka disini saya akan membahas bagaimana budidaya belut untuk pembesaran dengan memakai drum bekas sebagai media kolam. Jika memakai drum bekas sebagai media bak budidaya belut maka akan lebih simpel alasannya sifatnya yang portable (dapat dipindahkan). Selain itu dengan memakai drum sebagai bak budidaya belut juga akan mengurangi sampah plastik atau seng yang bertebaran dilingkungan rumah kita.

Sekilas yang perlu kita ketahui perihal modal awal untuk memulai budidaya pembesaran belut yaitu sebagi berikut :

Harga Bibit Belut

Harga bibit belut perkilonya yaitu sekitar Rp.55.000/ kg dengan isi (75-110 ekor/kg)

Harga Jual Belut

Untuk harga jual belut yang sudah siap dikonsumsi yaitu sekitar 32.000/kg dengan isi (3-5 ekor/kg)
Baiklah kini kita akan memulai untuk membahas bagaimana langkah-langkah untuk bagaimana Cara Budidaya Belut Dengan Kolam Drum Bekas.

Persiapan Pembuatan Kolam Drum Bekas Untuk Budidaya Belut

Mengunakan drum bekas sebagai bak merupakan jenis bak yang termasuk dalam kategori semi permanent, dalam jenis bak yang semi permanent kita juga bisa memakai tong,terpal,atau media lain yang bisa untuk menampung air. Dengan pemakain ini tentunya tidak mempunyai umur yang panjang, alasannya drum terbuat dari materi seng yang gampang karatan dan balasannya rusak/bocor. Sangat berbanding terbalik kalau kita memakai bak tembok untuk budidaya pembesaran belut, yang sifatnya tahan lama.
Kolam Belut Dari Drum

Dibawah ini yaitu langkah-langkah yang harus kita lakukan kalau ingin memakai drum bekas sebagai media bak pembesaran belut :

  1. Drum/Tong bekas harus dibersihkan terlebih dahulu, terutama bab dalam semoga tidak terdapat zat jahat yang akan mengganggu kelangsungan hidup belut yang akan kita budidaya.
  2. Lubangi drum dengan bentuk memanjang.
  3. Peletakan drum harus ditanah yang datardan teduh, jangan lupa untuk mengganjal kanan kiri drum semoga tidak menggelinding alasannya drum berbentuk lingkaran.
  4. Buatlah susukan pembuangan pada bab bawah drum.
  5. Buatlah pelindung/tutup pada drum semoga belut terlindung dari panas yang menyengat, alasannya drum ini akan sangat panas kalau terkena panas.

Cara menciptakan Media Tumbuh Untuk Budidaya Belut

Pada bab ini kita harus teliti dalam membuatnya, alasannya medi tumbuh yang akan kita masukkan kedalam drum sebagi bak yaitu hal penting yang akan menunjang sukses tidaknya pembesaran belut. Dialam bebas belut sangat menyukai lumpur yang subur, banyak makanan disana dan juga nyaman untuk kelangsungan hidupnya. Makara kita dituntut untuk bisa menawarkan kenyamanan hidup didalam drum untuk daerah belut tinggal. Untuk Cara Budidaya Belut Dengan Kolam Drum Bekas, sebetulnya tidaklah sulit untuk membuatnya, dengan bahan-bahan yang musah didapat kita sanggup membuatnya. Dibawah ini yaitu langkah-langkah menciptakan media tumbuh untuk budidaya pembesaran belut dengan memakai drum bekas sebagai bak :
  1. Masukkan jerami yang sudah dirajang kedalam drum hinggi mencapai ketebalan sekitar 50cm.
  2. Langkah kedua siaramlah jerami tersebut dengan memakai mikroorganisma stater dengan tarakan 1 liter/drum.
  3. Langkah ke 3 berilah pupuk kompos dengan ketebalan sekitar 6cm, bisa dengan memakai pupuk kandang, kotoran ternak, dan kotoran unggas.
  4. Selanjutnya masukkanlah lumpur kering dengan ketebalan sekitar 25cm, lumpur kering harus sudah dcampurkan dengan pupuk TSP dengan dosis sekitar 5kg.
  5. Terakhir, kita sudah bisa mengisi dengan air higienis dengan tinggi sekitar 15cm, kemudian biarkan kira-kira 2 ahad lamanya, semoga proses fermentsi lebih maksimal.

Cara Pemilihan Bibit belut

Ciri Ciri Bibit Belut Yang Baik
Jika drum bekas sebagai media bak sudah siap dipakai maka segera tebarkan bibit belut, dan pada tahap ini juga mensugesti berhasil tidaknya budidaya pembesaran belut. Hal penting yang akan kita lakukan pada tahap ini yaitu cara pemilihan bibit yang baik semoga bisa tumbuh dengan baik pula. Dan dibawah ini yaitu ciri-ciri bibit yang baik untuk budidaya pembesaran belut :
  1. Pilihlah ukuran belut yang seragam semoga nantinya dikala tumbuh bisa bersamaan dan panen bersama pula.
  2. Pilihlah yang aktif, gesit dan tidak lemas.
  3. Bibit harus tidak cacat dan tidak penyakitan
  4. Pilihlah yang berukuran panjang 10-12cm.

Cara Memberi Pakan Belut

Pada tahap ini juga merupakan hal penting yang mensugesti proses tumbuhnya belut yang kita budidayakan, alasannya makanan sangatlah penting untuk makhluk hidup supaya hidup dan berkembang biak. Makanan yang baik juga akan menghasilkan pertumbuhan yang bagus, jadi proteksi pakan harap diperhatikan.

Pemberian pakan juga jangan hingga telat alasannya kalau kelaparan belut yang lebih besar akan memakan belut yang lebih kecil, dan proteksi pakan juga harus mencapai 5-20% dari bobot badan /hari.

Pemberian pakan yang paling sempurna yaitu dikala hari gelap, kita bisa memulai memberi pakan tersebut pada sore hari dan dikala matahari terbenam meraka akan cari mangsa. Belut sangat menyukai pakan hidup/alam menyerupai : cacing, kecebong, katak, ikan rucah, keong mas, bekicot, bangkai ternak, dll. Sebelum menawarkan pakan tersebut sebaiknya direbus terlebih dahulu, semoga nantinya pakan gampang untuk dimakan dan dicerna.

Cara Panen Belut Pada Kolam Drum

Saat ini yaitu dikala yang kita tunggu-tunggu, proses pemanenan belut juga tergolong tidak lama, kalau kita menebar benih dengan berat 2kg dan ukuran panjang bibit 10-12cm maka hanya dengan jangka waktu 3-4 bulan belut sudah siap dipanen. Harga bibit belut juga sangat murah, dengan harga sekitar 50rb/kilo dengan isi kira-kira 75-110 ekor. Dan harga jualnya tergolong sangat mahal yaitu bisa mencapai 32rb/kilo dengan isi 3-5 ekor.
Panen Belut Hasil Budidaya Pada Kolam Drum Bekas

Memang untuk perjuangan menyerupai ini diharapkan ketelatenan dan juga kesabaran, dan tentunya juga disertai pengalaman, untuk itu jangan pernah untuk takut mencoba, somoga tips perihal Cara Budidaya Belut Dengan Kolam Drum Bekas bisa membantu Anda untuk memulai bisnis gres untuk sampingan, salam sukses para pembudidaya!!

Artikel Terkait Tentang Budidaya Kambing
  1. Budidaya Belut Sukses Dengan 6 Langkah Yang Sangat Mudah
  2. Cara Budidaya Belut Dengan Kolam Drum Bekas
  3. Belut Air Bersih Dan Cara Sukses Budidaya Pembesarannya
  4. Cara Beternak Belut Sukses Dengan Mudah Dan Mudah
  5. Ternak Belut Di Tong Dengan Mudah Dan Mudah
  6. Cara Ternak Belut Paling Mudah Dan Efektif
  7. Cara Pemasaran Belut Mudah Dan Menjanjikan
  8. Belut Raksasa Yang Pernah Ada Di Dunia
Demikian tips yang saya bagikan tentang Cara Budidaya Belut Dengan Kolam Drum Bekas, semoga bermanfaat, baca juga ulasan menarik lainnya pada Budidaya Belut Sukses Dengan 6 Langkah Yang Sangat Mudah.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel